RESUME
CHAPTER 1: MOTIF DAN FUNGSI SEBUAH BISNIS
Bisnis adalah usaha
menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau
organisasi kepada konsumen dengan tujuan utamanya adalah memperoleh keuntungan
dengan melihat kepuasan para pelanggannya.
I.
Tujuan dari Sebuah Bisnis
Dalam berbisnis pasti memiliki tujuan, dan
pastinya mendapat keuntungan atau laba. Keuntungan yang diperoleh darii bisnis
yaitu didapat dari perbedaan pendapatan dan pengeluaran yang diperoleh
perusahaan, jika pendapatan lebih besar dari pengeluaran pasti akan memperoleh
laba. Keuntungan atau laba dari sebuah bisnis tergantung pada permintaan pada
produk atau layanan, kemampuan untuk membuat pelanggan tertarik, dan tetap
menawarkan dengan harga rendah agar pelanggan tertarik.
II.
Sumber Daya yang Digunakan untuk
Menghasilkan Produk atau Jasa
Untuk menghasilkan
produk atau jasa perusahaan bergantung pada factor-faktor berikut: Sumber Daya Alam (SDA) biasanya yang
digunakan adalah tanah, yaitu untuk menumbuhkan tanaman dalam agrobisnis atau
tanah untuk mendirikan tempat usaha. Sumber
Daya Manusia (SDM) kontribusi manusia terletak pada fasilitas fisik dan
kempuan mental untuk mengusulkan perubahan dalam proses produksi atau
memotivasi pekerja lain. Modal meliputi
mesin, peralatan, prlengkapan, dan fasilitas lain guna mengghasilkan produk. Untuk
melancarkan aktifitas bisnis juga membutuhkan teknologi dan e-commerece sebagai
modal. Kewirausahaan yang dibutuhkan
untuk penciptaan ide-ide bisnis dan kemampuan untuk mengambil resiko, tindakan
penciptaan, pengaturan, dan pengelolaan suatu bisnis.
III.
Para Pemangku Kepentingan dalam Suatu
Bisnis
Dalam
berbisnis pasti melibatkan transaksi dengan manusia, orang-orang yg memiliki
kepentingan dalam berbisnis disebut pemangku kepentingan, pemangku kepentingan
yang terlibat dalam bisnis : Pemilik ialah
yang menuangkan ide-ide untuk perusahaan mencangkup penciptaan, pengaturan dan
pengelolaan bisnis. Kreditor adalah
lembaga keuangan atau individu yang meminjamkan dana untuk berbisnis. Karyawan adalah individu yang
dipekerjakan untuk melaksanakan operasi bisnis perusahaan secara efesien guna
memuaskan pemilik. Pemasok ialah yang menyediakan bahan baku yang
dibutuhkan perusahaan unuk menghasilkan produknya. Pelanggan ialah yang akan menggunakan dan menillai produk atau jasa
yang dihasilkan perusahaan.
IV.
Lingkungan
Bisnis
Keberhasilan
suatu bisnis juga dilihat dari lingkungannya karena dengean memperhatikan
lingkungan kita dapat mengetahui permintaan dan produksi jika berubah sewaktu
waktu. Lingkungan Sosial dilihat
untuk mengantisipasi perubahan dalam permintaan akan produknya sebagai respons
terhadap perubahan dalam demografis dan prefensi pelanggan. Lingkungan Industri dari lingkungan ini
perusahaan dapat melihat tingkat persaingan. Lingkungan Ekonomi dilihat terhadap kinerja dari dalam perusahaan
yaitu tingkat lapangan pekerjaan dan kompensasi untuk karyawan. Lingkungan Global yaitu mempengaruhi
kerjasama dengan perusahaan luar negeri dengan menjual produk atau memasok
bahan baku.
V.
Kunci
Keputusan Bisnis
Jenis-jenis
utama dari keputusan bisniss: Keputusan
Manajemen menetukan bagaimana sumber daya perusahaan dialokasikan. Keputusan Pemasaran menentukan produk
yang akan dijual bersama-sama dengan penetapan harga, distribusi, dan promosi
produk tersebut.Keputusan Keuangan mementukan
bagaimana perusahaan memperoleh dan
menginvestasikan dana.
Keputusan biasanya didasarkan pada
data dan informasinya, yang disediakan oleh Akuntansi adalah analisis kondisi keuangan yang digunakan untuk
keputusan bisnis dan Sistem Informasi meliputi
teknologi informasi, orang, dan prosedur yang bekerja bersama-sama untuk
menyediakan informasi yang sesuai bagi karyawan perusahaan sehingga mereka
dapat memeberi keputusan bisnis.
Nama
: Rahmawati Dewi
Prodi : Pendidikan Ekonomi
Kelas : A
Tidak ada komentar:
Posting Komentar