Selasa, 22 Desember 2015

PENGANTAR BISNIS CHAPTER 13 MENDISTRIBUSIKAN PRODUK



RESUME

CHAPTER 13 : MENDISTRIBUSIKAN PRODUK

I.                    Saluran Distribusi

Sebuah saluran distribusi adalah jalan menuju yang baik i dari produsen ke konsumen.Ketika penawaran produser dengan Pelanggan Langsung, tanpa menggunakan perantara, produser menggunakan saluran langsung distribusi.
B. Distribusi Produk Konsumen
·         Saluran satu tingkat : satu perantara pemasaran adalah antara produsen dan pelanggan.
·         Saluran dua tingkat : memiliki dua perantara pemasaran antara produsen dan pelanggan.
C. Faktor-faktor yang Menentukan Optimalisasi Saluran Distribusi:
1.      Kemudahan dalam pengangkutan
2.      Tingkatan standarisasi
3.      Pesanan melalui internet

    II. Memilih Tingkatan Cakupan Pasar

Cakupan pasar mengacu pada tingkat distribusi produk antara outlet. Setiap perusahaan yang menggunakan perantara pemasaran harus mengembangkan strategi untuk cakupan pasar. Ada tiga tingkat dasar cakupan pasar:
1.      Dengan distribusi intensif : Distribusi produk ke hampir semua toko.
2.      Distribusi selektif : Distribusi produk melalui toko yang dipilih.
3.      Distribusi eksklusif : Distribusi produk hanya satu atau beberapa toko yang dipergunakan.

      III. Memilih Transportasi untuk Digunakan Mendistribusikan Produk
 
Setiap distribusi produk dari produsen melalui perantara membutuhkan transportasi. Tersedia beberapa metode yang berbeda dari pengangkutan produk, dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Pilihan transportasi harus didasarkan pada evaluasi waktu, biaya, dan ketersediaan. Pilihan transportasi yang buruk dapat mengakibatkan biaya tinggi dan keuntungan yang lebih rendah. Berikut alat transportasi yang dapat digunakan yaitu truk, kereta api, transportasi udara, transportasi air, dan pipa.

        IV. Cara Mempercepat Proses Distribusi
 
Sebuah proses distribusi yang lambat dapat mengakibatkan hilangnya penjualan sebagai pengecer atau pelanggan beralih ke pesaing yang menyediakan barang-barang mereka lebih cepat. Distribusi Lambat juga memaksa perusahaan untuk mengikat dana untuk jangka waktu yang lama. Mengidentifikasi dua cara untuk mencapai tujuan ini:
1.      Mempersingkat saluran distribusi
2.      Integrasi proses produksi dan distribusi
       
          V. Latar Belakang Pengecer
 
        Pengecer berperan sebagai perantara bagi produsen dengan mendistribusikan produknya langsung kepada pelanggan. Pengecer dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa karakteristik:
A. Jumlah Toko
1.      Toko pengecer independen
2.      Rantai usaha
B. Kualitas Pelayanan
1.      Toko pengecer dengan jasa penuh
C. Variasi Produk yang Ditawarkan
1.      Toko pengecer barang
2.      Toko pengecer swalayan
3.      Toko pengecer bukan toko
Terbagi menjadi tiga: pengecer mail-order, situs web, dan vending machines

VI. Latar Belakang Pedagang
        Pedagang grosir berperan sebagai perantara dengan membeli produk dari produsen dan menjualnya kepada pengecer.
A. Cara Pedagang Grosir Melayani Produsen:
1.      Pergudangan
2.      Keahlian penjualan
3.      Pengiriman kepada pengecer
4.      Menerima risiko kredit
5.      Informasi
B. Cara Pedagang Grosir Melayani Pengecer:
1.      Pergudangan
2.      Promosi
3.      Display
4.      Kredit
5.      Informasi

       VII. Integrasi Saluran Vertikal
 
Integrasi saluran vertikal terjadi ketika dua atau lebih tingkat distribusi dikelola oleh satu perusahaan. Strategi ini dapat dilakukan oleh produsen atau oleh pengecer. Integrasi saluran vertikal oleh produsen terjadi ketika produsen mendirikan toko ritel sendiri. Dengan cara ini, perusahaan berfungsi sebagai produsen dan sebagai perantara. Integrasi saluran vertikal oleh pengecer dapat terjadi jika pengecer sebelumnya memproduksi barang dijual oleh perusahaan lain kemudian memutuskan untuk menghasilkan produk sendiri.

Nama                      : Rahmawati Dewi
Prodi                       : Pendidikan Ekonomi
Kelas                       : A     
No.Registrasi : 8105152260

Tidak ada komentar:

Posting Komentar