RESUME
CHAPTER 13 : MENDISTRIBUSIKAN
PRODUK
I.
Saluran Distribusi
Sebuah
saluran distribusi adalah jalan menuju yang baik i dari produsen ke
konsumen.Ketika penawaran produser dengan Pelanggan Langsung, tanpa menggunakan
perantara, produser menggunakan
saluran langsung distribusi.
B. Distribusi Produk Konsumen
·
Saluran
satu tingkat : satu perantara pemasaran adalah antara produsen dan pelanggan.
·
Saluran
dua tingkat : memiliki dua perantara pemasaran antara produsen dan pelanggan.
C. Faktor-faktor yang Menentukan
Optimalisasi Saluran Distribusi:
1.
Kemudahan
dalam pengangkutan
2.
Tingkatan
standarisasi
3.
Pesanan
melalui internet
Cakupan pasar
mengacu pada tingkat distribusi produk antara outlet. Setiap perusahaan yang
menggunakan perantara pemasaran harus mengembangkan strategi untuk cakupan
pasar. Ada tiga tingkat dasar cakupan pasar:
1.
Dengan
distribusi intensif : Distribusi produk ke hampir semua toko.
2.
Distribusi
selektif : Distribusi produk melalui toko yang dipilih.
3.
Distribusi
eksklusif : Distribusi produk hanya satu atau beberapa toko yang dipergunakan.
Setiap distribusi
produk dari produsen melalui perantara membutuhkan transportasi. Tersedia
beberapa metode yang berbeda dari pengangkutan produk, dan masing-masing
memiliki kelebihan dan kekurangan. Pilihan transportasi harus didasarkan pada
evaluasi waktu, biaya, dan ketersediaan. Pilihan transportasi yang buruk dapat
mengakibatkan biaya tinggi dan keuntungan yang lebih rendah. Berikut alat
transportasi yang dapat digunakan yaitu truk, kereta api, transportasi udara,
transportasi air, dan pipa.
Sebuah proses
distribusi yang lambat dapat mengakibatkan hilangnya penjualan sebagai pengecer
atau pelanggan beralih ke pesaing yang menyediakan barang-barang mereka lebih
cepat. Distribusi Lambat juga memaksa perusahaan untuk mengikat dana untuk
jangka waktu yang lama. Mengidentifikasi dua cara untuk mencapai tujuan ini:
1.
Mempersingkat
saluran distribusi
2.
Integrasi
proses produksi dan distribusi
Pengecer
berperan sebagai perantara bagi produsen dengan mendistribusikan produknya
langsung kepada pelanggan. Pengecer dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa
karakteristik:
A. Jumlah Toko
1.
Toko
pengecer independen
2.
Rantai
usaha
B. Kualitas Pelayanan
1.
Toko
pengecer dengan jasa penuh
C. Variasi Produk yang Ditawarkan
1.
Toko
pengecer barang
2.
Toko
pengecer swalayan
3.
Toko
pengecer bukan toko
Terbagi
menjadi tiga: pengecer mail-order, situs web, dan vending machines
VI.
Latar Belakang Pedagang
Pedagang
grosir berperan sebagai perantara dengan membeli produk dari produsen dan
menjualnya kepada pengecer.
A. Cara Pedagang Grosir Melayani
Produsen:
1.
Pergudangan
2.
Keahlian
penjualan
3.
Pengiriman
kepada pengecer
4.
Menerima
risiko kredit
5.
Informasi
B. Cara Pedagang Grosir Melayani
Pengecer:
1.
Pergudangan
2.
Promosi
3.
Display
4.
Kredit
5.
Informasi
Integrasi saluran
vertikal terjadi ketika dua atau lebih tingkat distribusi dikelola oleh satu
perusahaan. Strategi ini dapat dilakukan oleh produsen atau oleh pengecer.
Integrasi saluran vertikal oleh produsen terjadi ketika produsen mendirikan
toko ritel sendiri. Dengan cara ini, perusahaan berfungsi sebagai produsen dan
sebagai perantara. Integrasi saluran vertikal oleh pengecer dapat terjadi jika
pengecer sebelumnya memproduksi barang dijual oleh perusahaan lain kemudian
memutuskan untuk menghasilkan produk sendiri.
Nama : Rahmawati Dewi
Prodi : Pendidikan Ekonomi
Kelas : A
No.Registrasi : 8105152260
Tidak ada komentar:
Posting Komentar