Selasa, 22 Desember 2015

PENGANTAR BISNIS CHAPTER 14 MEMPROMOSIKAN PRODUK



RESUME

CHAPTER 14 : MEMPROMOSIKAN PRODUK

I.                   Latar Belakang promosi

Promosi adalah tindakan menginformasikan atau mengingatkan konsumen tentang barang atau jasa tertentu. Dalam promosi ada yang namanya promosi campuran adalah kombinasi metode bahwa perusahaan menggunakan promosi untuk meningkatkan penerimaan produk di pasar. Empat metode promosi adalah:
(1) iklan,
(2) personal selling,
(3) promosi penjualan, dan
(4) hubungan masyarakat.

II.                Pengiklanan

Periklanan yaitu presentasi penjualan nonpersonal dikomunikasikan melalui berbagai media atau bentuk nonmedia untuk mempengaruhi sejumlah besar konsumen. Tujuan dari iklan adalah untuk meningkatkan citra merek tertentu, untuk membandingkan dengan merek pesaing lainnya, untuk membantu konsumen mengingat keberadaan produknya, untuk meningkatkan citra lembaga tertentu, dan untuk meningkatkan permintaan untuk produknya.

III.             Penjualan Pribadi

Penjualan  pribadi adalah presentasi penjualan pribadi yang digunakan untuk mempengaruhi satu atau lebih konsumen. Dalam penjualan pribadi penjualan yang efisien dengan mengidentifikasi target pasar dengan menentukan jenis konsumen yang mungkin tertarik pada produk. Saat bertemu dengan pelanggan potensial, penjual akan membuat presentasi penjualan. Presentasi ini akan berfokus pada bagaimana produk atau jasa dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Kunci sukses jangka panjang dalam penjualan pribadi ini adalah untuk menindaklanjuti tanggapan pembeli setelah penjualan dilakukan. Upaya ini meningkatkan kredibilitas penjual dan membuka pintu untuk bisnis tambahan.

IV.             Promosi penjualan 

Promosi penjualan adalah serangkaian kegiatan yang dimaksudkan untuk mempengaruhi konsumen untuk membeli barang atau jasa tertentu. Jenis-jenis dari promosi penjualan yg sering digunakan:
a.
Kupon dapat digunakan di koran, majalah, dan iklan untuk mendorong pembelian produk. Kupon sering digunakan untuk memperkuat kecenderungan konsumen untuk mengulang pembelian merek tertentu.
b. . Sampling adalah tindakan menawarkan sampel gratis untuk menarik konsumen untuk mencoba merek atau produk baru.
c. Banyak toko buat khusus point-of-pembelian menampilkan untuk mempromosikan produk-produk tertentu.
d. premium adalah hadiah atau hadiah diberikan gratis kepada konsumen yang membeli produk tertentu. Premi menawarkan insentif tambahan untuk membeli suatu produk.

V.                Hubungan Masyarakat

Hubungan umum kepada masyarakat ialah tindakan yang diambil untuk mengevaluasi sikap publik dan mengembangkan strategi untuk membuat atau mempertahankan citra publik yang menguntungkan. Cara melakukan hubungan masyarakat bisa dengan cara perusahaan dapat mensponsori acara khusus, merilis berita yang ditulis pengumuman singkat yang diberikan oleh perusahaan kepada media, dan konferensi Press, seperti siaran pers, memberikan informasi kepada media mengenai perusahaan.

VI.             Menentukan cara Optilmal Promosi  Campuran 

Perusahaan perlu mempertimbangkan karakteristik target pasar mereka ketika menentukan pencampuran promosi yang paling efektif. Riset pemasaran dapat meningkatkan keputusan promosi dengan menentukan jenis promosi yang diterima baik oleh target pasar.
1. Salah satu teknik promosi adalah strategi tarik yang mengarahkan upaya promosi suatu perusahaan khusus di pasar sasaran. Target pasar yang dituju kemudian dapat meminta produk dari pengecer, yang juga dapat memesan produk dari grosir mereka. Produk ditarik, oleh permintaan konsumen, melalui saluran distribusi.
2. Beberapa produsen, bagaimanapun, akan memanfaatkan strategi dorongan di mana mereka langsung promosi mereka di tingkat grosir atau eceran, daripada target konsumen. Grosir dan pengecer kemudian akan mempromosikan produk kepada konsumen sasaran. Dalam strategi ini, produk didorong melalui saluran distribusi oleh grosir untuk target konsumen.

Nama                      : Rahmawati Dewi
Prodi                       : Pendidikan Ekonomi
Kelas                       : A     
No.Registrasi : 8105152260


Tidak ada komentar:

Posting Komentar