Apakah kompensasi
selalu dapat memotivasi karyawan ?
Tidak ada yang membantah bahwa uang adalah unsur pokok dalam
memotivasi kerja seseorang. Hal demikian terlihat pada besaran kompensai atau
remunirasi yang diperoleh karyawan. Semakin tinggi nilai kompensasi cenderung
semakin tinggi motivasi kerja karyawan dan harapannya kinerja pun bakal
meningkat. Sementara tujuan strategi kompensasi adalah member penghargaan yang
benar pada karyawan dengan perilaku yang sesuai dengan standar organisasi.
Tampak bahwa uang adalah
sumber motivasi yang sangat signifikan bagi karyawan. Namun bisa dikatakan pula
bahwa peningkatan gajih misalnya hanya dapat memotivasi hingga pada peningkatan
gaji selanjutnya. Dengan kata lain tidak mungkin semua karyawan serentak
memeroleh kenaikan gaji kalau ada yang tidak berprestasi. Kecuali yang memang
memeroleh promosi karena kinerjanya yang melebihi standar kinerja organisasi.
Namun patut
diperhatikan posisi uang tidak selalu sebagai unsur satu-satunya yang dapat
memotivasi karyawan untuk bekerja dengan lebih baik. Kalau dikaitkan dengan
teori motivasi Herzberg misalnya, uang hanyalah untuk memeilihara motivasi yang
sudah ada agar tidak mengalami penurunan. Dengan kata lain bukan sebagai faktor
motivator bagi karyawan. Karena itu selain uang maka perusahaan harus mencari
bentuk lain dalam memotivasi kerja karyawan misalnya membangun suasana kerja
yang nyaman, kepemimpinan yang memotivasi, fasilitas kerja yang lengkap dst.
Itulah yang disebut dengan jenis kompensasi yang sifatnya non-finansial.
Kembali pada kompensasi
hubungannya dengan motivasi kerja karyawan maka perusahaan harus menempatkannya
tidak dalam system strategi bisnis saja namun juga dalam kandungan visi dan
misi perusahaan. Dalam prakteknya perusahaan harus memiliki strategi manajemen
kompensasi yang berbasis pada kepentingan perusahaan dan karyawan. Besaran
kompensasinya harus berdasarkan pertimbangan kondisi kesehatan perusahaan dan
juga kondisi remunirasi di pasar kerja. Dengan demikian diharapkan strategi
kompensasi dilaksanakan dapat meningkatkan komitmen dan keterikatan kerja
karyawan di perusahaan.
Metode metode apa
yang digunakan untuk meningkatkan kepuassan kerja ?
Ada beberapa metode yang
dipergunakan untuk memotivasi pegawai yaitu :
1.
Mempergunakan uang sebagai
penghargaan dan insentif.
2.
Menyebutkan
persyaratannya.
Motivasi bukan hanya masalah memberikan penghargaan dan insentif. Orang harus mengetahui apa yang diharapkan dari mereka agar dikerjakan dan apa yang akan terjadi dengan mereka jika mereka tidak melakukannya. Mereka harus jelas dengan peranan mereka, sasaran yang harus mereka capai dan standar prestasi kerja serta perilaku yang diperlukan.
Motivasi bukan hanya masalah memberikan penghargaan dan insentif. Orang harus mengetahui apa yang diharapkan dari mereka agar dikerjakan dan apa yang akan terjadi dengan mereka jika mereka tidak melakukannya. Mereka harus jelas dengan peranan mereka, sasaran yang harus mereka capai dan standar prestasi kerja serta perilaku yang diperlukan.
3.
Mengembangkan
Keterikatan.
Pemimpin harus melakukan apa saja yang dapat dikerjakan, untuk meningkatkan keterikatan dan pengenalan organisasi.
Pemimpin harus melakukan apa saja yang dapat dikerjakan, untuk meningkatkan keterikatan dan pengenalan organisasi.
4.
Memotivasi
melalui pekerjaan itu sendiri.
Dengan diberikannya struktur gaji yang pantas dan bersaing akan menawarkan insentif keuangan yang efektif seorang pimpinan akan lebih mengenal dan memberikan motivasi yang bertahan dalam jangka waktu lama dengan mengembangkan sistem penghargaan hakiki.
Dengan diberikannya struktur gaji yang pantas dan bersaing akan menawarkan insentif keuangan yang efektif seorang pimpinan akan lebih mengenal dan memberikan motivasi yang bertahan dalam jangka waktu lama dengan mengembangkan sistem penghargaan hakiki.
5.
Menghargai dan mengakui prestasi kerja.
6.
Mengembangkan
kepemimpinan.
Kepemimpinan memainkan peranan kunci dalam motivasi. Kepemimpinan akan meningkatkan keterikatan dan pengenalan, dan memberikan perasaan diarahkan. Kepemimpinan dapat memperjelas peranan dan sasaran, memberikan perasaan bertujuan, dan meningkatkan semangat kelompok.
Kepemimpinan memainkan peranan kunci dalam motivasi. Kepemimpinan akan meningkatkan keterikatan dan pengenalan, dan memberikan perasaan diarahkan. Kepemimpinan dapat memperjelas peranan dan sasaran, memberikan perasaan bertujuan, dan meningkatkan semangat kelompok.
7.
Membangun
kerjasama antar kelompok.
8.
Melatih
dan mengembangkan setiap orang.
Bagaimana cara
meningkatkan motivasi karyawan ?..........
Bila
tujuannya telah diketahui, para manajer dapat
(1)memberikan kepada pekerja keterangan yang
mereka perlukan untuk melakukan sesuatu pekerjaan yang baik. (2) memberikan
kesempatan umpan balik secara teratur. 3) meminta masukan dari karyawan dan melibatkan mereka di dalam keputusan
yang mempengaruhi pekerjaan mereka. (4) membuat saluran komunikasi yang mudah
dipergunakan, sehingga karyawan dapat menggunakannya untuk mengutarakan
pertanyaan/kehawatiran mereka dan memperoleh jawaban.
Jelaskan market coverage…….
(4)
Market coverage strategy, merupakan strategi yang dilakukan dengan
menggunakan sistem membership serta produk tidak dijual bebas (hanya di toko
sendiri) sehingga dapat memudahkan konsumen dan produsen.
Jika
sewaktu-waktu ada perusahaan yang memilih berkonsentrasi pada segmen tertentu
saja, Hal itu dilakukan karena dana yang terbatas, segmen tersebut tidak
memiliki pesaing, dan merupakan segmen yang paling tepat sebagai landasan untuk
ekspansi ke segmen lainnya. Ada cara untuk menetukan Target Pasarnya, yaitu:
1.
Spesialisasi selektif Perusahaan memilih sejumlah segmen pasar yang menarik dan
sesuai dengan tujuan serta sumber daya yang dimiliki.
2.
Spesialisasi pasar Perusahaan memusatkan diri pada upaya melayani berbagai
kebutuhan dari suatu kelompok pelanggan tertentu.
3.
Spesialisasi produk Perusahaan memusatkan diri pada pembuatan produk tertentu
yang akan dijual kepada berbagai segmen pasar.
4.
Pelayanan penuh (full market coverage) Perusahaan berusaha melayani
semua kelompok pelanggan dengan semua produk yang mungkin dibutuhkan. Hanya
perusahaan besar yang mampu menerapkan strategi ini, karena dibutuhkan sumber
daya yang sangat besar.
Push and pull strategy……….
Sebuah
strategi dorongan menempatkan
produk di depan
pelanggan untuk memastikan konsumen menyadari keberadaan
produk. Hal ini dapat bekerja dengan baik ketika produsen memiliki hubungan didirikan dengan pelanggan
atau bila produk adalah
pembelian-jenis item impuls.
Strategi mendorong termasuk pameran dagang, ruang pamer, mendapatkan pengecer untuk saham produk, dan menciptakan rantai pasokan untuk memfasilitasi distribusi.
Sebuah strategi tarik memotivasi pelanggan untuk secara aktif mencari produk tertentu dan terbaik untuk produk baru atau dalam kasus ketika produsen memiliki merek yang kuat dan terlihat
Strategi mendorong termasuk pameran dagang, ruang pamer, mendapatkan pengecer untuk saham produk, dan menciptakan rantai pasokan untuk memfasilitasi distribusi.
Sebuah strategi tarik memotivasi pelanggan untuk secara aktif mencari produk tertentu dan terbaik untuk produk baru atau dalam kasus ketika produsen memiliki merek yang kuat dan terlihat
Strategi dorong
Sebuah strategi dorongan menempatkan produk di depan pelanggan, melalui bentuk iklan, untuk memastikan konsumen menyadari keberadaan produk. Jenis strategi bekerja dengan baik untuk barang-barang bernilai rendah dan item impuls membeli.
Strategi dorongan bekerja terbaik bagi pedagang yang sudah memiliki hubungan yang mantap dengan pengguna. Sebagai contoh, penyedia ponsel proaktif mengirim (yaitu dorongan) iklan melalui pesan teks atau MMS ke pelanggan seluler mengenai promosi dan upgrade. Pemasaran berbasis izin ini bisa efektif jika personalisasi untuk pengguna berdasarkan preferensi pribadi, penggunaan dan perilaku pembelian. Namun, strategi dorong juga efektif untuk membangun permintaan untuk layanan mahal (misalnya, perusahaan perangkat lunak) yang ditargetkan untuk pasar spesifik.
Sebuah strategi dorongan menempatkan produk di depan pelanggan, melalui bentuk iklan, untuk memastikan konsumen menyadari keberadaan produk. Jenis strategi bekerja dengan baik untuk barang-barang bernilai rendah dan item impuls membeli.
Strategi dorongan bekerja terbaik bagi pedagang yang sudah memiliki hubungan yang mantap dengan pengguna. Sebagai contoh, penyedia ponsel proaktif mengirim (yaitu dorongan) iklan melalui pesan teks atau MMS ke pelanggan seluler mengenai promosi dan upgrade. Pemasaran berbasis izin ini bisa efektif jika personalisasi untuk pengguna berdasarkan preferensi pribadi, penggunaan dan perilaku pembelian. Namun, strategi dorong juga efektif untuk membangun permintaan untuk layanan mahal (misalnya, perusahaan perangkat lunak) yang ditargetkan untuk pasar spesifik.
Tarik Strategi
Sebuah strategi tarik merangsang permintaan dan memotivasi pelanggan untuk secara aktif mencari produk tertentu. Hal ini ditujukan terutama pada pengguna akhir. Sebuah merek yang kuat dan terlihat diperlukan untuk memastikan keberhasilan strategi tarik. Cara yang berbeda sebuah perusahaan dapat menggunakan strategi tarik untuk mempromosikan merek meliputi:
1 strategi Advertising yang mencakup promosi media massa dari suatu produk
2 Manajemen hubungan pelanggan yang membuat pelanggan yang ada menyadari produk baru yang akan mengisi kebutuhan khusus
3 Rujukan
4 Penjualan promosi dan diskon
Menggunakan strategi ini akan menciptakan permintaan untuk produk. Dengan permintaan itu, pengecer akan didorong untuk mencari produk dan saham itu di rak-rak mereka. Misalnya, Apple berhasil menggunakan strategi menarik untuk meluncurkan iPhone atau iPad. Demikian juga, musik juga telah jatuh di bawah strategi tarik karena digitalisasi dan munculnya situs-situs jaringan sosial. Platform musik seperti iTunes, Grooveshark dan Spotify adalah reflektif dari pergeseran kekuasaan dari penyedia layanan untuk konsumen. Pedagang harus menyesuaikan strategi mereka untuk menarik permintaan, daripada mendorong produk - dalam hal ini, musik - untuk konsumen.
Sebuah strategi tarik merangsang permintaan dan memotivasi pelanggan untuk secara aktif mencari produk tertentu. Hal ini ditujukan terutama pada pengguna akhir. Sebuah merek yang kuat dan terlihat diperlukan untuk memastikan keberhasilan strategi tarik. Cara yang berbeda sebuah perusahaan dapat menggunakan strategi tarik untuk mempromosikan merek meliputi:
1 strategi Advertising yang mencakup promosi media massa dari suatu produk
2 Manajemen hubungan pelanggan yang membuat pelanggan yang ada menyadari produk baru yang akan mengisi kebutuhan khusus
3 Rujukan
4 Penjualan promosi dan diskon
Menggunakan strategi ini akan menciptakan permintaan untuk produk. Dengan permintaan itu, pengecer akan didorong untuk mencari produk dan saham itu di rak-rak mereka. Misalnya, Apple berhasil menggunakan strategi menarik untuk meluncurkan iPhone atau iPad. Demikian juga, musik juga telah jatuh di bawah strategi tarik karena digitalisasi dan munculnya situs-situs jaringan sosial. Platform musik seperti iTunes, Grooveshark dan Spotify adalah reflektif dari pergeseran kekuasaan dari penyedia layanan untuk konsumen. Pedagang harus menyesuaikan strategi mereka untuk menarik permintaan, daripada mendorong produk - dalam hal ini, musik - untuk konsumen.
Capital
budgaeting yaitu…
Capital,yaitu
aktiva tetap yang digunakan untuk beroperasi.
b.
Budget,yaitu rencana yang terperinci dan proyeksi arus kas masuk (cash inflow)
dan kas keluar (cash outflow) untuk beberapa waktu mendatang.
c.
Capital budget,yaitu rencana belanja perusahaan untuk pengeluaran aktiva tetap.
d.
Capital Budgeting,yaitu keseluruhan proses analisis proyek-proyek yang
pengembangannya diharapkan akan berlanjut lebih dari 1 tahun dan menentukan
proyek mana yang akan dimasukkan dalam capital budget.
Capital
Budgeting menunjukan kepada keseluruhan proses pengumpulan, pengevaluasian,
penyeleksi dan penentuan alternative penanaman modal yang akan memberikan
penghasilan bagi perusahaan untuk jangka waktu yang lebih dari setahun (capital
expenditure).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar