RESUME
CHAPTER 6 :
KEWIRASWASTAAN DAN PERENCANAAN BISNIS
I.
Menciptakan suatu Bisnis Baru
Beberapa keuntungan
penting dari menjadi seorang pengusaha:
Ø Dapat
memperoleh keuntungan yg besar dari bisnis bandingkan bekerja untuk bisnis
lain.
Ø Dapat
menjadi pemimpin bagi diri sendiri dan menjalankan bisnis sesuai keinginan.
Ø Memegang
kendali sepenuhnya atas bisnis, tanpa takut harus dipecat atau disalahkan.
Ø Mendapatkan
imbalan atas pekerjaan dalam bentuk laba yg lebih tinggi.
Beberapa kerugian yang
sebaiknya dipertimbangkan dalam menjadi seorang pengusaha:
Ø Kemungkinan
menanggung semua kerugian dalam jumlah besar dan kehilangan seluruh investasi
bisnis.
Ø Harus
memastikan fungsi-fungsi bisnis berjalan dengan baik.
Ø Dapat
kehilangan sumber penghasilan jika bisnis tersebut gagal.
Profil pengusaha yang
harus ada :
Ø Toleransi
resiko, pengusaha harus bersedia untuk menerima resiko kehilangan investasi
bisnis mereka.
Ø Kreatifitas,
tidak hanya dibutuhkan untuk menciptakan ide bisnis namun juga membuat ide
tersebut terlaksana.
Ø Inisiatif,
pengusaha harus bersedia mengambil inisiatif guna memastikan ide mereka
terlaksana.
II.
Menilai Kondisi Pasar
Ø Permintaan,
dipengaruhi perekonomian secara umum karena konsumen membeli lebih banyak
barang dan jasa ketika perekonomian kuat dan penghasilan cukup.
Ø Persaingan,
tingkat pesaing yg tinggi memaksa setiap perusahaan menurunkan harga guna
mencegah para pesaing mengambil bisnisnya.
Ø Kondisi
tenaga kerja, jika memiliki keahlian khusus maka biaya tenaga kerja pun tinggi.
Ø Kondisi
perturan dan perundang-undangan, membantu pemerintah memanatau perusahaan.
Keseluruhan
permintaan dalam pasar dan tingkat persaingan akan memengaruhi permintaan akan produk atau jasa perusahaan dan
karenanya memengaruhi pula pendapatan perusahaan. Lingkungan tenaga kerja serta
peraturan perundang-undangan pada umumnya memengaruhi pengeluaran-pengeluaran
perusahaan. Oleh sebab itu, laba perusahaan yang diperoleh oleh bisnis baru
akan dipengaruhi oleh factor-faktor pasar teersebut.
III.
Mengembangkan Kuenggulan Kompetitif
Strategi
yg digunakan untuk mengembangkan suatu keunggulan kompetitif salah satunya menghaslkan produk secara lebih efisien
yang mengenakan harga yg lebih rendah, contohnya bisa mengguakan internet untuk
menciptakan keunggulan kompetitifnya dengan membuat web dan menjadikannya
tempat untuk usahanya/toko dengan menggunakan analisis SWOT atau dengan menawarkan mutu produk yg lebih baik
dengan menjadikan produk tersebut tahan lama, lebih mudah digunakan, dan
memberikan jasa yg lebih baik.
IV.
Mengembangkan Rencana Bisnis
Rencana
bisnis ialah uraian terinci mengenai bisnis yg diusulkan, termasuk uraian
mengenai produk atau jasa, jenis-jenis konsumen yg menjadi target, persaingan,
dan fasilitas yg dibutuhkan untuk produksi. Rencana bisnis terdiri atas:
1. Penilaian
mengenai lingkungan bisnis
2. Rencana
manajemen yg menjelaskan bagaimana sumberdaya-sumberdaya perusahaan digunakan.
3. Rencana
pemasaran yg menjelaskan penentuan harga, distribusi, dan rencana-rencana
promosi.
4. Rencana
keuangan yg menunjukan kelayakan bisnis dan menjelaskan bagaimana bisnis
tersebut akan di danai.
V.
Manajemen Risiko oleh Pengusaha
Risiko bisnis ialah
adanya kemungkinan kinerja suatu perusahaan akan lebih rendah daripada yg
diperkirakan sebelumnya karena eksposur terhadap beberapa kondisi tertentu.
Beberapa bentuk risiko umum meliputi ketergantungan bisnis yg sangat tinggi
pada satu pelanggan, ketergantungan pada satu pemasok, ketergantungan pada
seorang karyawan. Selain itu, bisnis dapat terekspos juga pada e-risk.
Nama : Rahmawati Dewi
No.Reg : 8105152260
Kelas : Pendidikan
Ekonomi A
Tidak ada komentar:
Posting Komentar