Selasa, 22 Desember 2015

PENGANTAR BISNIS CHAPTER 6 KEWIRASWASTAAN DAN PERENCANAAN BISNIS


RESUME

CHAPTER 6 : KEWIRASWASTAAN DAN PERENCANAAN BISNIS

I.                   Menciptakan suatu Bisnis Baru
Beberapa keuntungan penting dari menjadi seorang pengusaha:
Ø  Dapat memperoleh keuntungan yg besar dari bisnis bandingkan bekerja untuk bisnis lain.
Ø  Dapat menjadi pemimpin bagi diri sendiri dan menjalankan bisnis sesuai keinginan.
Ø  Memegang kendali sepenuhnya atas bisnis, tanpa takut harus dipecat atau disalahkan.
Ø  Mendapatkan imbalan atas pekerjaan dalam bentuk laba yg lebih tinggi.
Beberapa kerugian yang sebaiknya dipertimbangkan dalam menjadi seorang pengusaha:
Ø  Kemungkinan menanggung semua kerugian dalam jumlah besar dan kehilangan seluruh investasi bisnis.
Ø  Harus memastikan fungsi-fungsi bisnis berjalan dengan baik.
Ø  Dapat kehilangan sumber penghasilan jika bisnis tersebut gagal.
Profil pengusaha yang harus ada :
Ø  Toleransi resiko, pengusaha harus bersedia untuk menerima resiko kehilangan investasi bisnis mereka.
Ø  Kreatifitas, tidak hanya dibutuhkan untuk menciptakan ide bisnis namun juga membuat ide tersebut terlaksana.
Ø  Inisiatif, pengusaha harus bersedia mengambil inisiatif guna memastikan ide mereka terlaksana.

II.                Menilai Kondisi Pasar

Ø  Permintaan, dipengaruhi perekonomian secara umum karena konsumen membeli lebih banyak barang dan jasa ketika perekonomian kuat dan penghasilan cukup.
Ø  Persaingan, tingkat pesaing yg tinggi memaksa setiap perusahaan menurunkan harga guna mencegah para pesaing mengambil bisnisnya.
Ø  Kondisi tenaga kerja, jika memiliki keahlian khusus maka biaya tenaga kerja pun tinggi.
Ø  Kondisi perturan dan perundang-undangan, membantu pemerintah memanatau perusahaan.
Keseluruhan permintaan dalam pasar dan tingkat persaingan akan memengaruhi permintaan  akan produk atau jasa perusahaan dan karenanya memengaruhi pula pendapatan perusahaan. Lingkungan tenaga kerja serta peraturan perundang-undangan pada umumnya memengaruhi pengeluaran-pengeluaran perusahaan. Oleh sebab itu, laba perusahaan yang diperoleh oleh bisnis baru akan dipengaruhi oleh factor-faktor pasar teersebut.

III.             Mengembangkan Kuenggulan Kompetitif
Strategi yg digunakan untuk mengembangkan suatu keunggulan kompetitif salah satunya menghaslkan produk secara lebih efisien yang mengenakan harga yg lebih rendah, contohnya bisa mengguakan internet untuk menciptakan keunggulan kompetitifnya dengan membuat web dan menjadikannya tempat untuk usahanya/toko dengan menggunakan analisis SWOT atau dengan menawarkan mutu produk yg lebih baik dengan menjadikan produk tersebut tahan lama, lebih mudah digunakan, dan memberikan jasa yg lebih baik.

IV.             Mengembangkan Rencana Bisnis
  Rencana bisnis ialah uraian terinci mengenai bisnis yg diusulkan, termasuk uraian mengenai produk atau jasa, jenis-jenis konsumen yg menjadi target, persaingan, dan fasilitas yg dibutuhkan untuk produksi. Rencana bisnis terdiri atas:
1.      Penilaian mengenai lingkungan bisnis
2.      Rencana manajemen yg menjelaskan bagaimana sumberdaya-sumberdaya perusahaan digunakan.
3.      Rencana pemasaran yg menjelaskan penentuan harga, distribusi, dan rencana-rencana promosi.
4.      Rencana keuangan yg menunjukan kelayakan bisnis dan menjelaskan bagaimana bisnis tersebut akan di danai.

V.                Manajemen Risiko oleh Pengusaha
Risiko bisnis ialah adanya kemungkinan kinerja suatu perusahaan akan lebih rendah daripada yg diperkirakan sebelumnya karena eksposur terhadap beberapa kondisi tertentu. Beberapa bentuk risiko umum meliputi ketergantungan bisnis yg sangat tinggi pada satu pelanggan, ketergantungan pada satu pemasok, ketergantungan pada seorang karyawan. Selain itu, bisnis dapat terekspos juga pada e-risk.

Nama : Rahmawati Dewi
No.Reg : 8105152260
Kelas : Pendidikan Ekonomi A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar