Selasa, 22 Desember 2015

PENGANTAR BISNIS CHAPTER 7 MENGELOLA SECARA EFEKTIF



RESUME (BAGIAN III MANAJEMEN)
CHAPTER 7 : MENGELOLA SECARA EFEKTIF

I.                   Tingkatan-Tingkatan Manajemen

Ø  Manajemen puncak/atas, top management ialah menejer yang tugasnya mengambil keputusan yg berhubungan dengan tujuan perusahaan dalam jangka panjang, meliputi jabatan-jabatan, presiden, direktur utama(CEO), direktur keuangan(CFO), dan wakil presiden.
Ø  Manajemen tingkat menengah, middle management ialah menejer yang sering kali bertanggung jawab atas keputusan-keputusan jangka pendek perusahaan, meliputi jabatan seperti menejer regional dan menejer pabrik.
Ø  Manajemen supervisor/pertama, first-line management ialah para menejer yg biasanya sangat terlibata dengan para karyawan yg mengerjakan proses produksi sehari-hari, contohnya menejer kantor.

II.                Fungsi-Fungsi Manajer

Ø  Fungsi Perencanaan, planning ialah persiapan yg dilakukan oleh perusahaan untuk menghadapi berbagai kondisi bisnis di masa mendatang. Langkah-langkah dalam proses perencanaan: Pernyataan misi mission statement yaitu penjabaran tujuan utama sebuah perusahaan, Rencana strategis strategic plan yaitu mengidentifikasi focus bisnis utama sebuah perusahaan untuk periode jangka panjang mungkin selama tiga hingga lima tahun depan, Perencanaan taktis yaitu rencana-rencana skala kecil (diatas satu atau dua tahun) yg konsisten dgn rencana stategik, Perencanaan operasional yaitu menentukan metode-metode yg akan digunakan dalam waktu dekat (missal tahun depan) untuk mencapai rencana taktis, Perencanaan kontinjensi yaitu rancana-rencana alternatif yg dikembangkan untuk berbagai kemungkinan kondisi bisnis.
Ø  Fungsi Pengorganisasian, organizing meliputi organisasi karyawan dan sumber daya- sumber daya lain berbagai cara yg konsisten dengan tujuan perusahaan.
Ø  Fungsi Kepemimpinan, leading adalah proses mempengaruhi kebiasaan orang lain demi mencapai tujuan bersama.dalam hal ini memimpin para karyawan dengan memberikan insruksi kpd mereka sebaiknya menyelesaikan pekerjaan yg diberikan. Gaya kepemimpinan; autrokasi, kepemimpinan yg pemimpin tetap mempertahankan wewenang penuh dalam pengambilan keputusan, bebas kendali, kepemimpinan yg pemimpin mendelegasikansebagian besar wewenagnya kpd karyawan, partisipatif, kepemimpinan yg pemimpin menerima massukan karyawan namun tetap menggunakan wewenang yg mereka miliki untuk mengambil keputusan.
Ø  Fungsi Pengendalian, controlling melibatkan pengawasan dan evaluasi pekerjaan. Fungsi ini juga yg menilai apakah rencana yg telah dibuat sudah tercapai.

III.             Keahlian Manajerial

Ø  Keahlian Konseptual (keahlian analitis), conceptual skill yaitu kemampuan untuk memahami hubungan yang terdapat diantara berbagai pekerjaan dalam perusahaan. Umumnya konsep ini digunakan manajer puncak dan manajer tingkat menengah yg tidak terlibat lanagsung dalam proses perakitan produksi.
Ø  Keahlian Interpersonal (keahlian berkomunikasi), interpersonal skill yaitu keahlian yang diperlukan untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan karyawan.
Ø  Keahlian Teknis, technical skill yaitu keahlian yg digunakan untuk melakukan pekerjaan dari hari ke hari secara spesifik, seperti keahlian akuntansi untuk membuat laporan keuangan atau keahlian listrik untuk memahami bagaimana pengaturan pengkabelan suatu produk.
Ø  Keahlian Mengambil Keputusan, decision-making skill yaitu keahlian dalam menggunakan informasi yang ada untuk menentukan bagaimana sumber daya-sumber daya perusahaan sebaiknya dialokasikan.

IV.            Bagaimana Manajer Mengelola Waktu

Manajer memiliki jumlah waktu yg terbats untuk dihabiskan mengelola berbagai sumberdaya  yang mereka miliki. Oleh karena itu merka menggunakan manajemen waktu, yang mengacu pada cara bagaimana menejer mengalokasikan waktu mereka ketika  mengelola berbagai pekerjaan, panduan yang menejer harus lakukan agar dapat mengelola waktu;
Ø  Menyusun prioritas dengan tepat untuk menempatkan focus pada tanggung jawab pekerjaan yang terpenting
Ø  Menjadwalkan interval waktu yang lebih panjang untuk pekerjaan-pekerjaan agar dapat memusatkan perhatian kepada pekerjaan tersebut hingga selesai
Ø  Meminimalisasi gangguan agar dapat menyelesaikan penugasaan
Ø  Membuat tujuan jangka pendek secara bertahap
Ø  Mendelegasikan pekerjaan-pekerjaan yang dapat diselesaikan sendiri oleh karyawan

Nama : Rahmawati Dewi
No.Reg : 8105152260
Kelas : Pendidikan Ekonomi A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar