RESUME (BAGIAN III
MANAJEMEN)
CHAPTER 7 : MENGELOLA
SECARA EFEKTIF
I.
Tingkatan-Tingkatan Manajemen
Ø Manajemen puncak/atas,
top management ialah menejer yang
tugasnya mengambil keputusan yg berhubungan dengan tujuan perusahaan dalam
jangka panjang, meliputi jabatan-jabatan, presiden, direktur utama(CEO),
direktur keuangan(CFO), dan wakil presiden.
Ø Manajemen tingkat menengah,
middle management ialah menejer yang
sering kali bertanggung jawab atas keputusan-keputusan jangka pendek
perusahaan, meliputi jabatan seperti menejer regional dan menejer pabrik.
Ø Manajemen supervisor/pertama,
first-line management ialah para
menejer yg biasanya sangat terlibata dengan para karyawan yg mengerjakan proses
produksi sehari-hari, contohnya menejer kantor.
II.
Fungsi-Fungsi Manajer
Ø Fungsi Perencanaan,
planning ialah persiapan yg dilakukan
oleh perusahaan untuk menghadapi berbagai kondisi bisnis di masa mendatang.
Langkah-langkah dalam proses perencanaan: Pernyataan
misi mission statement yaitu
penjabaran tujuan utama sebuah perusahaan, Rencana
strategis strategic plan yaitu
mengidentifikasi focus bisnis utama sebuah perusahaan untuk periode jangka
panjang mungkin selama tiga hingga lima tahun depan, Perencanaan taktis yaitu rencana-rencana skala kecil (diatas satu
atau dua tahun) yg konsisten dgn rencana stategik, Perencanaan operasional yaitu menentukan metode-metode yg akan
digunakan dalam waktu dekat (missal tahun depan) untuk mencapai rencana taktis,
Perencanaan kontinjensi yaitu rancana-rencana
alternatif yg dikembangkan untuk berbagai kemungkinan kondisi bisnis.
Ø Fungsi Pengorganisasian, organizing meliputi
organisasi karyawan dan sumber daya- sumber daya lain berbagai cara yg
konsisten dengan tujuan perusahaan.
Ø Fungsi Kepemimpinan, leading adalah
proses mempengaruhi kebiasaan orang lain demi mencapai tujuan bersama.dalam hal
ini memimpin para karyawan dengan memberikan insruksi kpd mereka sebaiknya
menyelesaikan pekerjaan yg diberikan. Gaya kepemimpinan; autrokasi, kepemimpinan yg pemimpin tetap mempertahankan wewenang
penuh dalam pengambilan keputusan, bebas
kendali, kepemimpinan yg pemimpin mendelegasikansebagian besar wewenagnya
kpd karyawan, partisipatif, kepemimpinan
yg pemimpin menerima massukan karyawan namun tetap menggunakan wewenang yg
mereka miliki untuk mengambil keputusan.
Ø Fungsi Pengendalian, controlling
melibatkan pengawasan dan evaluasi pekerjaan. Fungsi ini juga yg menilai apakah
rencana yg telah dibuat sudah tercapai.
III.
Keahlian Manajerial
Ø Keahlian Konseptual
(keahlian analitis), conceptual skill yaitu
kemampuan untuk memahami hubungan yang terdapat diantara berbagai pekerjaan
dalam perusahaan. Umumnya konsep ini digunakan manajer puncak dan manajer
tingkat menengah yg tidak terlibat lanagsung dalam proses perakitan produksi.
Ø Keahlian Interpersonal
(keahlian berkomunikasi), interpersonal
skill yaitu keahlian yang diperlukan untuk berkomunikasi dengan pelanggan
dan karyawan.
Ø Keahlian Teknis,
technical skill yaitu keahlian yg
digunakan untuk melakukan pekerjaan dari hari ke hari secara spesifik, seperti
keahlian akuntansi untuk membuat laporan keuangan atau keahlian listrik untuk
memahami bagaimana pengaturan pengkabelan suatu produk.
Ø Keahlian Mengambil Keputusan,
decision-making skill yaitu keahlian
dalam menggunakan informasi yang ada untuk menentukan bagaimana sumber
daya-sumber daya perusahaan sebaiknya dialokasikan.
IV.
Bagaimana Manajer Mengelola Waktu
Manajer
memiliki jumlah waktu yg terbats untuk dihabiskan mengelola berbagai
sumberdaya yang mereka miliki. Oleh
karena itu merka menggunakan manajemen
waktu, yang mengacu pada cara bagaimana menejer mengalokasikan waktu mereka
ketika mengelola berbagai pekerjaan,
panduan yang menejer harus lakukan agar dapat mengelola waktu;
Ø Menyusun
prioritas dengan tepat untuk menempatkan focus pada tanggung jawab pekerjaan
yang terpenting
Ø Menjadwalkan
interval waktu yang lebih panjang untuk pekerjaan-pekerjaan agar dapat
memusatkan perhatian kepada pekerjaan tersebut hingga selesai
Ø Meminimalisasi
gangguan agar dapat menyelesaikan penugasaan
Ø Membuat
tujuan jangka pendek secara bertahap
Ø Mendelegasikan
pekerjaan-pekerjaan yang dapat diselesaikan sendiri oleh karyawan
Nama : Rahmawati Dewi
No.Reg : 8105152260
Kelas : Pendidikan
Ekonomi A
Tidak ada komentar:
Posting Komentar