Selasa, 22 Desember 2015

PENGANTAR BISNIS CHAPTER 10 MEMOTIVASI KARYAWAN



RESUME

CHAPTER  10: MEMOTIVASI KARYAWAN 

Sebuah perusahaan kinerjanya sangat dipengaruhi oleh para karyawannnya, maka dari itu para manajer harus dapat mengambil tindakan-tindakan untuk memastikan bahwa pekerjanya yang sudah bekerja dengan baik termotivasi untuk bekerja lebih baik lagi. 

I.                   Nilai dari Sebuaah Motivasi

a.       Para Pengusaha telah sukses kebanyakan bukan hanya karena ide bisnis mereka , tetapi karena pegawai mereka yang bekerja dengan baik.
b.      Yang paling penting  pekerja butuh tempat kerja yang mendorong orang-orang yang bekerja di perusahaan sejauh bisa memotivasi para pegawainya , bisa meningkatkan produktivitas mereka.

II.                Teori Motivasi

Hierarki Kebutuhan Maslow
Ø  Kebutuhan fisiologis adalah persyaratan paling mendasar untuk mempertahankan hidup.
Ø  Kebutuan rasa aman adalah keamanan pekerjaan dan kondisi kerja.
Ø  Kebutuhan Sosial adalah kebutuhan untuk menjadi anggota kelompok.
Ø  Kebutuhan Sosial adalah kebutuhan untuk menjadi suatu bagian dari kelompok.
Ø  Kebutuhan akan penghargaan adalah kebutuhan suatu kebutuhan untuk dihormati, wibawa, dan pengakuan.
Ø  Aktualisasi Diri adalah kebuthan mancapai potensi penuh seseorang.
Penelitian Kepuasan Pekerjaan Herzberg
Pada tahun 1950-an, Frederick Herzberg melaakukan survei pada dua ratus akuntan dan ahli teknik tentang kepuasan pekerjaan. Herzberg berupaya untuk mengidentifikasi faktor-faktor yangn dpat membuat mereka tidak pusasdengan pekerjaan mereka pada itu.
Teori Z (1980-an)
Teori yang didasarkan pada gaya dan budaya Jepang yang mengizinkan karyawannya untuk berperan serta dalam pengambilan keputusas. Peran serta meningkatkan kepuasan pekerjaan karena memberikan tanggung jawab kepada karyawan. Uraian pekerjaan (job description) cenderung untuk mengurangi spesialisasi.
Teori Penghargaan (Expectancy Teori)
Menganjurkan bahwa usaha seornag karyawan dipengaruhi oleh hasil yang diharapkan (Penghargaan) atas usahas tersebut. Jenis penghargaan ini akan memotivasi karyawan dengan dua syarat : Penghargaan yang diberikan haru diinginkan oleh karyawan dan Karyawan harus yakin bhwa mereka memiliki peluang untuk memperoleh penghargaan tersebut.

Teori Ekuitas (Equity Theory)
Adalah motivasi yang menganjurkan bahwa kompensasi haruslah adil, atua sesuai dengan proporsi kontribusi setiap karyawan.

Teori Pemaksaan (Reinforced Theory)
Menganjurkan bahwa pemaksaan dapat mengendalikan perilaku.Ada dua tipe Pemaksaan, yaitu :
¨      Pemaksaan Positif
Memotivasi karyawan dengan memberikan imbalan penghargaan untuk kinerja yang tinggi.
¨      Pemaksaan Negatif
Memotivasi Karyawan dengan mendorong mereka untuk berperilaku dalam sikap yang menghindari akibat yang tidak diinginkan.

III.             Motivasi yang Tidak Puas Terhadap Karyawan

Jika karyawan tidak puas dimotivasi maka lebih baik karyawan itu dikeluarkan dari perusahaan, jika ia masih ada dan tidakk meningkatkan kinerja perusahaan lebih baik dikeluarkan atau di persilahkan melamar pekejaan di tempat lain.

IV.             Bagaimana perusahaan bisa meningkatkan kepuasan dan motivasi pekerjaan

Program Kompensasi yang Layak
Perusahaan harus berusaha menjamin para karyawaan yang menghsilakn kinerja tertinggi akan menerima persentase kenaikan tertinggi setiap tahun.
Keamanan Pekerjaan
Karyawan yang memiliki keamanan pekerjaan akan lebih termotivasi untuk melaksanakan pekerjaannya dengan baik. Perusahaan dapat memberikan keamanan pekerjaan yang lebih baik dengan melakukan pelatihan pada karyawan untuk menangani berbagai tugas, sehingga mereka dapat dibebani tugas lain jika penugasan yang biasa tidak lagi dibutuhkan.
Jadwal kerja yang fleksibel
    Program Flextime adalah dengan mengimplementasikan program yang mengizinkan pengaturan jadwal kerja yang lebih fleksibel.
     Pemampatan Kerja Mingguan, dimana Program ini memampatkan beban kerja menjadi lebih sedikit hari per minggu
     Berbagi Pekerjaan (job sharing) adalah dimana dua atau lebih karyawan akan berbagi jdwal kerja tertentu.
Program keterlibatan Karyawan
►   Perluasan Pekerjaan (Job Enlargement)
Adalah program untuk mengembangkan dan memperluas pekerjaan yang dibebankan pada karyawannya.
►   Rotasi Pekerjaan
Program yang memperbolehkan satu rangkaian karyawan untuk secara periodik menggilir pekerjaannya.
►   Pemberian Wewenang dan Manajemen Partisipatif
Pemberian wewenang (Empowerment) adalah Memberikan wewenang kepada karyawan untuk mengambil lebih banyak keputusan.
Manajemen Partisipatif adalah dimana karyawan diperbolehkan untuk berpartisipasi dalam berbagai keputusan.
Bentuk Populer dari manajemen partisipatif adalah :
     Management by objectives (MBO)
Dimana sering kali mengizinkan karyawan untuk berkerja dengan manajer mereka unutk menentukan tujuan mereka dan memutuskan cara yang digunakan untuk mencapai tugas-tugas mereka.
     Kelompok Kerja (Teamwork)
Dimana Sebuah Kelompok karyawan yang terdiri dari berbagai posisi pekerjaan memiliki tanggung jawab untuk mencapai suatu tujuan khusus.
     Manajemen Terbuka
Mendidik karyawan untuk memberikan kontribusi kepada perusahaan dan membuat mereka memberiklan penilaian atas tingkat kinerja mereka sendiri secara periodik.


Nama : Rahmawati Dewi
No.Reg : 8105152260
Kelas : Pendidikan Ekonomi A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar