RESUME
CHAPTER
12 : MEMBUAT DAN MENENTUKAN HARGA PRODUK
Dalam membuat produk dan menetukan harga
produk kita harus mempunyai strategi. Strategi produk
menentukan jenis produk bahwa perusahaan menciptakan untuk memuaskan pelanggan, sementara strategi penentuan harga
menentukan harga yang
akan dikenakan untuk produk-produk
tersebut. Kedua strategi mempengaruhi permintaan untuk produk perusahaan memproduksi dan jumlah
pendapatan perusahaan akan
yang dihasilkan selama periode tertentu.
I.
Latar Belakang Produk
Definisi Produk, yaitu barang fisik atau jasa yang dapat memenuhi kenutuhan
konsumen. Produk diklasifikasi menjadi beberapa, yaitu :
Ø Produk Konsumen, adalah produk yang tersedia secara
luas bagi konsumen, sering dibeli konsumen dan mudah didapat. Contoh : Susu,
surat kabar, gula, soda, dll.
Ø Produk Belanja, berbeda dengan produk konsumen, karena
produk belanja tidak sering dibeli. Contoh : Mebel, peralatan rumah tangga,
dll.
Ø Produk Spesial, adalah produk yang dimaksudkan
untuk konsumen tertentu yang spesial dan oleh karenanya memerlukan upaya khusus
untuk membelinya. Contoh : Jam Tangan Rolex, Mobil BMW
Lini
Produk, adalah
serangkaian produk dan jasa yang berhubungan yang ditawarkan oleh sebuah
perusahaan.Contoh : Coke, Diet Coke, Sprite, Fanta.
Bauran
Produk,Berbagai
campuran produk yang ditawarkan oleh perusahaan.
Contoh Bauran :Produk IBM, perangkat
lunak, perangkat keras, dan jasa global dan perusahaan jasa konsultasi KPMG,
akuntansi, Sistem informasi teknologi, dan lainnya.
II.
Mengidentifikasi
Target Pasar
Target Pasar adalah Kelompok individual atau organisasi
yang memiliki karakteristtik yang sama yang mungkin akan membeli produk
tertentu.
Ciri-ciri umum yang digunakan untuk menggambarkan target
pasar yaitu jenis kelamin, usia, dan pendapatan konsumen. Klasifikasi Target Pasar Secara
Luas, yaitu : Pasar Konsumen, yaitu
pasar untuk berbagai produk dan jasa konsumen yang dipakai untuk
keperluan pribadi. Misalnya pakaian, dan perlengkapan rumah tangga. Pasar
Industri, yaitu pasar untuk berbagai produk industri yang dibeli
oleh perusahaan , atau
untuk menjual, menyewakan, atau
menyediakan barang-barang kepada orang
lain.Misalnya
Plastik dan baja.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Ukuran Target Pasar : Demografis, karakteristik
Populasi Manusia atau segmen tertentu dari populasi tersebut, Faktor-Faktor Ekonomi seperti
inflasi, suku bunga, dan pengangguran dapat memiliki dampak besar pada
permintaan konsumen. Nilai-Nilai
Sosial berpengaruh pada selera konsumen dan preferensi, contohnya permintaan rokok dan
minuman keras turun ketika konsumen menyadari akan bahaya kesehatan.
III.
Membuat
Produk Baru
Kebutuhan untuk menciptakan produk
baru meningkat apabila produk yang lama telah usang. produk baru atau dapat dikatakan perbaikan dari
produk yang ada. Langkah-Langkah Penting untuk Menciptakan Produk Baru : Mengembangkan Ide Produk, yaitu
menentukan apa yang konsumen butuhkan. Menilai
Kelayakan Ide, yaitu menentukan antara Keuntungan dengan biaya yang
dikeluarkan. Merancang dan Menguji
Produk, yaitu menentukan
antara konsumen yang akan membeli dengan produk yang dibeli. Mendistribusikan dan Mempromosikan
Produk, yaitu membuat konsumen dalam target pasar dan mengetahui
keberadaan produk.Pengawasan Pasca
Produksi, yaitu menentukan kebutuhan produk yang akan diperbaiki.
IV.
Diferensiasi
produk
Diferensiasi
produk adalah upaya
sebuah perusahaan untuk membedakan produknya dari produk pesaing dalam yang
membuat produknya lebih diinginkan dari produk pesaing lainnya. Beberapa metode
umum yang digunakan untuk membedakan suatu produk :
Ø Rancangan unik, Dimana produk yang dihasilkan lebih
aman, mudah digunakan atau memiliki beberapa keunggulan lain.
Ø Kemasan unik, Dimana dapat mendorong atau berisi
iklan.
Ø Merek unik, Dimana dapat mendoronganggapan
konsumen terhadap kualitas produk.
(Merek adalah metode untuk
mengidentifikasi dan membedakan berbagai produk dari produk pesaing.)
V.
Strategi
Penentuan Harga
Penentuan harga berdasarkan biaya produksi
Estimasi biaya per-unit untuk
memproduksi produk dan menambahkan suatu kenaikan.
Penentuan harga berdasarkan suplai
persediaan
Harga dapat diturunkan unutk
mengurangi kebutuhan persediaan.
Penentuan harga berdasarkan harga pesaing
Harga akan ditentukan dibawah harga
pesaing untuk memperoleh suatu keuntungan (penentuan harga penetrasi
akan diatas pesaing untuk menetapkan kesan yang tinggi / penentuan harga
prestise)
VI.
Menentukan Harga Penetrasi
Strategi menentukan harga yang lebih
rendah dibanding produk-produk pesaing agar dapat menembus pasar. Kredit, kebijakan perusahaan pada keterlambatan
pembayaran untuk barang atau jasa, dapat digunakan untuk menciptakan keunggulan
kompetitif dalam memasarkan produk atau jasa. Menawarkan rencana pembayaran
jangka panjang menyediakan pembiayaan bagi nasabah potensial yang lain mungkin
tidak memiliki uang tunai yang tersedia untuk pembelian langsung. Persyaratan
kredit bisa diubah untuk mendorong pembayaran awal oleh pelanggan. Misalnya,
istilah "2/10 net 30"
Menentukan Harga dapat
dilakukan dengan cara berikut:
Penentuan Harga Defensif
Tindakan menurunkan harga produk
unutk menahan, mempertahankan pangsa pasarnya.
Penentuan Harga Predatori
Strategi menurunkan harga untuk
menyerang pesaing baru yang masuk ke dalam pasar.
Penentuan Harga Pestise
Strategi menggunakan harga yang lebih
tinggi untuk meraih kesan lini yang terbaik
Nama
: Rahmawati Dewi
Prodi : Pendidikan Ekonomi
Kelas : A
No.Registrasi
: 8105152260
Saya sudah mengerti tentang produk
BalasHapus